Sabtu, 19 Juli 2008

Diagram Alir Data

Untuk mengetahui sistem secara menyeluruh akan ditampilkan prosedur pendaftaran pasien dibawah ini. Pasien baru mendaftar di petugas daftar jika diperlukan tindakan lanjut untuk rumah sakit rujukan maka dibuatkan formulir baru. Apabila pasien darurat maka tidak memerlukan kedatangan di GMC setelah hari berikutnya pasien bisa mengajukan klaim kepada GMC.

Dari analisa yang telah dilakukan disusunlah suatu diagram alir data sesuai proses-proses yang terjadi. Sistem Informasi ini diawali dengan diagram konteks yang menggambarkan Sistem Informasi ini secara umum dengan entitas luarnya yaitu Pasien, Pegawai, Dokter dan Manajemen. Semua elemen entitas luar tersebut saling berkaitan untuk menunjang kelangsungan organisasi sebagai fungsi dari sistem informasi ini.


Gambar 4.2 Diagram Konteks Sistem Informasi GMC Health Center

Proses pendaftaran pasien adalah awal dari keseluruhan proses rekaman medis. Pasien di sini dapat dibedakan menjadi pasien baru dan pasien lama. Pendaftaran pasien baru akan dilaksanakan dengan mengisi formulir pendaftaran pasien baru untuk mendapatkan data sosial pasien yang akan dimasukkan dalam komputer. Kemudian pasien akan diberi kartu berobat yang harus dibawa setiap kali pasien tersebut datang kembali untuk berobat. Sedangkan pendaftaran pasien lama, dilakukan dengan mencari rekam medis pasien sesuai dengan No RM yang tercantum dalam kartu berobat.

Proses diagnosis dilakukan oleh dokter terhadap pasien dengan membawa kartu diagnosis dan kartu anggota. Proses pengobatan yaitu pasien membawa lembar diagnosis kartu pasien tersebut ke petugas obat. Pasien menerima obat sesuai resep dokter yang tertulis di lembar diagnosis tersebut. Proses pelaporan terjadi setelah data pasien dan diagnosis pasien dimasukkan ke sistem komputer dan setelah selesai diproses komputer. Dalam rencana sistem rekam medis ini dihilangkan lembar diagnosis kertas dan langsung data diagnosis dimasukkan ke dalam komputer oleh petugas data.

Gambar 4.3 Diagram Arus Data Level 1

Tidak ada komentar: