Sabtu, 19 Juli 2008

Latar Belakang

Merupakan suatu hal yang umum menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugas baik dalam perusahaan atau organisasi lainnya. Teknologi komputer memberikan kemudahan memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir. Banyak organisasi menjadi semakin sadar bahwa informasi adalah suatu sumber daya strategis yang penting, dan komputer dapat mengolah sumber daya tersebut.

Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajemen. Informasi dapat dikelola seperti sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit. Bisnis memang selalu rumit, tetapi sekarang lebih rumit dibanding sebelumnya. Ini dikarenakan pengaruh ekonomi internasional. Dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik. Kemudahan-kemudahan yang dapat diperoleh dari dukungan aplikasi-aplikasi pada komputer sekarang ini menjadikan komputer bukan merupakan sesuatu yang istimewa lagi tapi merupakan bagian peralatan kantor yang dibutuhkan (Raymond McLeod,Jr,1997).

Sistem informasi dalam sebuah organisasi dipengaruhi oleh data, biaya untuk pengadaan, pengolahan dan penyimpanan, serta biaya untuk meminta dan membagikan nilai informasi bagi pemakai, berikut kemampuan manusia untuk menerima dan bertindak atas informasi tersebut. Sehingga sebuah organisasi yang memiliki sistem informasi yang terancang dengan baik secara umum akan memiliki keunggulan posisi dalam persaingan atas organisasi yang sistemnya lebih lemah (Gordon B. davis, 1974).

Tidak ada komentar: