Sabtu, 19 Juli 2008

Input dan Output


1. Input

Input adalah segala sumber data yang akan dimasukkan ke dalam suatu sistem untuk kemudian diterjemahkan ke dalam data elektronik dan diolah oleh komputer dimana hasilnya adalah informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk pengolahan sistem informasi rekam medis GMC input yang dibutuhkan adalah:

  1. Data pasien

- Nomor Rekam Medis

- Nama

- Fakultas

- NIM

- Alamat

- Jenis Kelamin

- Umur

  1. Data diagnosis

- Nomor RM

- Nama

- Umur

- Fakultas

- Tanggal

- Pemeriksaan

- Diagnosis

- Obat

- Rujukan

- Tindak Lanjut

- Catatan

c. Data dokter

2. Output

Output merupakan hasil dari sebuah sistem informasi yang telah dimodelkan sebelumnya. Output adalah tujuan akhir dari perancangan sistem informasi dan dari output ini akan dapat dibuat laporan pertanggungjawaban pada sistem informasi yang telah dibuat. Output ada dua tipe, yaitu tipe output internal dan tipe output eksternal.

Output internal adalah output yang hanya diketahui oleh pihak-pihak tertentu atau pihak manajemen saja. Output ini digunakan untuk mendukung kegiatan manajemen seperti dalam hal pengambilan sebuah keputusan. Output internal akan tetap berada dalam organisasi atau akan dimusnahkan apabila tidak digunakan lagi. Sedangkan output eksternal adalah output yang dapat diketahui atau disebarkan kepada kalangan luas.

Seperti yang diuraikan dalam diagram alir data di atas, maka output atau keluaran yang dihasilkan adalah berupa laporan atau dokumentasi, yaitu :

1. Laporan Diagnosis Pasien

2. Laporan Kunjungan Pasien

3. Laporan Penyakit

Tidak ada komentar: